Translate

Selasa, 02 Juli 2013

PULANGGENI PAMENGKANG JAGAT

Keris Pulanggeni
Wilah pamengkang jagad
Pamor tejo kinurung
Tangguh /perkiraan masa pembuatan kerajaan Tuban
Luk 5







Filosofi dari keris berdhapur Pulanggeni bermakna……………
Ratus atau Dupa atau juga Kemenyan.
Bahwa manusia hidup harus berusaha memiliki nama harum dengan berperilaku yang baik, suka tolong menolong dan mengisi hidupnya dengan hal-hal atau aktifitas yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Dengan berkelakuan yang baik dan selalu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak, tentu namanya akan selalu dikenang walaupun orang tersebut sudah meninggal…..

Mengenai bilah pamengkang jagad
 Keris pamengkang jagad terjadi karena kesalahan pemrosesan keris saat di sepuh, keris tersebut mlethek/terbelah. tapi banyak yang menganggap keris jenis ini bertuah khusus, seperti halnya untuk pusaka bisnis tanah, pimpinan, walau juga ada yang beranggapan sang pemilik akan berperilaku boros. logikanya orang boros berarti memang ia mampu untuk berbuat boros dengan kata lain ia memiliki sarana untuk boros. Ada pula yang beranggapan pemegang harus memiliki keris tindih. keris pamengkang Jagad ini juga bersyarat, ia hanya bs terjadai pada keris-keris berpamor adeg.konon ada yang percaya bila lubang keris itu dipakai untuk mengintip lawan jenis maka si Dia akan jatuh hati pada sipengintip, ada juga yang percaya bahwa pemiliknya bakalan sukses jadi penggede dll.menurut keterangan dari beberapa orang pintar yg kami temui mengatakan bahwa yg cocok memiliki keris jenis ini adalah mereka yg mempunyai kekuasaan wilayah  semacam bupati,kepala desa,pemimpin  dll agar pengaruh kekuasaanya menjadi kuat dan sulit di taklukan.


PAMOR TEJO KINURUNG.
Seperti perpaduan pamor Sada Saler dan Wengkon, tuahnya cenderung seperti Sada Saler yaitu berkaitan dengan kepemimpinan dan derajat. Tergolong pemilih.
Kembali pada Allah ,karena Dia lah yg maha perkasa
salam budaya 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar